Siapkan Kemampuan Daerah Bersaing, Gelar Apkasi Otonomi Expo di ICE BSD City Tangerang

Panitia dan peserta Apkasi Otonomi Expo (AOE) foto bersama di sela-sela pameran di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Kamis (20/7/2023). (F. amr)

BATAM (Kepri.co.id) – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengadakan Apkasi Otonomi Expo (AOE) yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang tanggal 20 hingga 22 Juli 2023.

Acara AOE kali ini dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Ketua Umum Apkasi), Firli Bahuri (Ketua KPK), perwakilan-perwakilan Kedutaan Besar Negara Asing serta pemimpin atau perwakilan kabupaten-kabupaten dari berbagai penjuru Indonesia.

Acara ini akan menjadi platform bagi para investor untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan peluang investasi di berbagai sektor, termasuk pertanian, infrastruktur, energi, pertambangan, pariwisata, dan industri kreatif.

BACA JUGA:   Cen Sui Lan Tarik Perhatian Pusat ke Pulau Terluar Anambas

Mengikuti kesuksesan kerja sama dan kemitraan yang terjalin pada acara PPIT bulan Juni lalu yang terselenggara di Batam, International Business Association sekali lagi menghadirkan investor berpotensial yang terpilih berpartisipasi dalam acara Apkasi ini.

Tujuan utama Apkasi Otonomi Expo ini, untuk meningkatkan daya saing daerah merebut pasar global. Para peserta expo terdiri dari pemerintah kabupaten, pemerintah kota, provinsi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta perusahaan swasta memiliki kesempatan bertemu langsung dengan investor berpotensial.

Seiring perkembangan ekonomi Indonesia yang sedang berkembang pesat, acara ini bertujuan mempersiapkan kemampuan bersaing setiap bidang di daerah, dalam kompetisi pasar internasional.

BACA JUGA:   Tuan Rumah PT PLN Batam Juara Satu Turnamen Adu Tangkis

Investor yang dihadirkan IBA kali ini adalah para ahli dan pemilik modal di bidang infrastruktur, pertambangan, pariwisata, pelestarian lingkungan, dan industri perakitan mobil listrik. Investor pertambangan dari Cina juga turut hadir di acara ini.

Kunjungan para investor kali ini bermaksud melakukan survei pasar di Indonesia, untuk kepentingan potensi investasi di masa depan dan proyek yang telah dilaksanakan sebelumnya. Seperti rencana pembangunan smelter oleh investor Cina dan rencana pembangunan industri otomotif, kolaborasi Indonesia dengan negara Singapura dan Korea.

Puas terhadap komitmen yang telah diberikan IBA, David Yang Direktur PT SG Sustainability, dimana sebelumnya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan IBA juga telah menanamkan modal dalam proyek pembangunan yang berkelanjutan.

BACA JUGA:   Kapolda Cek Kesiapan Personel Operasi Lilin Seligi 2023

Para investor akan berkunjung kembali ke Batam dan Bintan, setelah menghadiri acara expo kali ini. Ketua Umum IBA, Shan Shan, berkomitmen untuk gencar mempromosikan proyek investasi di Indonesia. “Yakni untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan realisasi investasi,” kata Shan Shan. (amr)