Ratusan Atlet Berpartisipasi Dalam Kejuaraan Dunia Barongsai Pertama di Indonesia

Ketua Umum Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), Marciano Norman, memberikan sambutan dalam upacara pembukaan gelaran 1st FOBI World Championship 2024 di Jakarta, Jumat (17/5/2024). (Sumber: Komite Olahraga Nasional Indonesia)

JAKARTA (Kepri.co.id – Xinhua) – Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) resmi menggelar “1st FOBI World Championship 2024”, kejuaraan barongsai tingkat internasional pertama yang digelar di Indonesia.

Diikuti 550 atlet dari 10 negara dan kawasan, kejuaraan dunia tersebut berlangsung di Jakarta selama tiga hari mulai Jumat (17/5/2024). Staf Khusus Presiden Indonesia, Grace Natalie, hadir untuk secara resmi membuka perlombaan itu pada Jumat pagi.

Sebanyak sepuluh tim yang berpartisipasi berasal dari Singapura, Malaysia, Myanmar, Vietnam, China, Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong di China, Jepang, Thailand, Australia, dan Indonesia. Sebagai tuan rumah, Indonesia mengirimkan sebanyak 180 atlet.

BACA JUGA:   CIMB Niaga Gelar Wealth Xpo di Batam, Apresiasi Nasabah Istimewa

Ketua Umum Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), memberikan sambutannya dalam upacara pembukaan gelaran 1st FOBI World Championship 2024 di Jakarta, Jumat (17/5/2024). (Sumber: Komite Olahraga Nasional Indonesia)

Kejuaraan dunia itu memperebutkan tiga piala berbeda. Piala Presiden Indonesia untuk kelompok pertandingan Barongsai (Southern Lion Dance), piala Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia untuk pertandingan Pekingsai (Northern Lion Dance), dan piala Menteri Pertahanan Indonesia untuk kelompok pertandingan Tarian Naga (Dragon Dance).

BACA JUGA:   Kapolsek Sekupang Terima Penghargaan dan Pin Emas Kapolri

“Apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya untuk pengurus besar FOBI, yang telah berusaha maksimal merebut kepercayaan internasional untuk menggelar pertandingan di Indonesia. Di sisi lain, kita harus menunjukkan prestasi atlet di samping berprestasi sebagai penyelenggara,” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, dikutip dari keterangan resminya.

Indonesia juga untuk pertama kalinya akan memasukkan barongsai sebagai salah satu kategori lomba dalam agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut pada September 2024 mendatang.

BACA JUGA:   Delapan KK Terdampak Pengembangan Rempang Eco-City Bergeser ke Hunian Sementara

Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia mengapresiasi perlombaan tersebut yang diharapkan akan memajukan prestasi olahraga barongsai di dalam negeri, sekaligus mempromosikan sektor olahraga wisata (sport tourism) di Indonesia yang akan berkontribusi positif bagi perekonomian nasional.

“Saya berharap kejuaraan ini akan melahirkan atlet-atlet terbaik yang berusaha keras menorehkan prestasi di cabang olahraga barongsai, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Samsudin, pada Kamis (16/5/2024). (asa/ xinhua-news.com)