Kapolri Minta Kapolda Cipkon Pengamanan Libur Nataru

Pejabat utama Polda Kepri dan Forkopimda Proviinsi Kepri mengikuti rakor virtual pengamanan libur Nataru, Jumat (16/12/2022). (F. dok humas polri)

BATAM (Kepri.co.id) – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan jajaran Kapolda se-Indonesia, beserta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof Dr Muhadjir Effendi MAP dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) mengikuti rapat koordinasi (rakor) virtual kesiapan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2022).

Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Drs Agus Suharnoko bersama Forkompimda Provinsi Kepri serta Pejabat Utama Polda Kepri, juga turut mengikuti rakor virtual pengamanan libur Nataru ini.

Menko PMK, mengatakan, tujuan rakor ini mempersiapkan sebaik-baiknya menyambut Nataru yang melibatkan banyak pihak.

BACA JUGA:   Dewi Ansar Motivasi Perempuan Harus Melek Politik

“Kegiatan ini dilakukan semi rutin, dikarenakan masih ada pandemi Covid-19. Untuk perkembangan-perkembangan saat ini, dapat kita atasi dengan baik,” ujar Menko PMK, Muhadjir Effendi.

Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Drs Agus Suharnoko. (F. dok humas polri)

Kapolri dalam arahannya, meminta seluruh Kapolda dapat melakukan cipta kondisi (cipkon) di wilayah hukum masing masing. “Dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pada dasarnya Polri bersama dengan lembaga terkait siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang bakal terjadi,” ujar Kapolri.

BACA JUGA:   Cen Sui Lan Kawal Pembangunan Tahap II Pelabuhan RoRo Kuala Maras Rp36 Miliar

Kapolri mencontohkan seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata. “Terkait pengaturan arus lalu-lintas, beberapa strategi yang dapat disiapkan di antaranya dengan cara pengerahan personel, pendirian pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu,” jelas Kapolri.

Catatan penting yang disampaikan terkait antisipasi peristiwa teror, Kapolri memerintahkan Densus 88 Antiteror Polri, melakukan pengungkapan, sedangkan jajaran lainnya melakukan penjagaan.

BACA JUGA:   Regency Luncurkan Teknologi Biplane Angiography, Sempena Peringati International Women’s Day

“Sebelum mengakhiri rakor, Kapolri mengingatkan kepada jajaran menggandeng semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas) dalam menjaga Nataru. “Sehingga, tercipta kondisi yang aman dan kondusif,” tutup Kapolri. (hen)