BATAM (Kepri.co.id) – Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan langkah memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi pengguna jasa pelabuhan di wilayah kerja BP Batam. Hal ini dilakukan, demi memastikan rangkaian kegiatan Natal tahun 2024 dan tahun baru 2025 (Nataru) berjalan baik dan aman.
Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar, mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan menghadapi periode angkutan liburan akhir tahun 2024 yang diprediksi akan mengalami peningkatan seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini, sesuai arahan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi memberikan pelayanan maksimal bagi pemudik.
Baca Juga: Hadiri Rapat Kunker Spesifik Komisi V DPR RI, BP Batam: Siap Sukseskan Mudik Nataru 2024
“Kami telah mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana di pelabuhan, termasuk koordinasi secara intens dengan seluruh stakeholder pelabuhan, pengerahan personEl tambahan, serta penyiapan posko angkutan laut terpadu yang akan mendukung kelancaran arus penumpang selama periode Natal dan tahun baru,” ujar Dendi, Senin (16/12/2024).
Dendi melanjutkan, BP Batam akan meyiapkan Posko Angkutan Laut Nataru yang akan dipusatkan di Terminal Ferry Domestik Punggur dan Terminal Ferry Domestik Sekupang.
Baca Juga: Dua Pelabuhan Paling Sibuk Selama Libur Nataru 2024
Kedua pelabuhan tersebut, merupakan pelabuhan yang dikelola langsung Badan Usaha Pelabuhan BP Batam. Sedangkan Posko Angkutan Laut Nataru di Terminal Bintang 99 Persada untuk Kapal Pelni, akan disediakan pengelola pelabuhan.
Adapun pendirian Posko Angkutan Laut Nataru di tiga pelabuhan itu, karena diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan.
Baca Juga: Hadapi Mudik Nataru, Ditpam Perketat Pengamanan Pelabuhan
“Kami memperkirakan puncak lonjakan penumpang terjadi H-1 Natal di Terminal Ferry Domestik. Puncak lonjakan penumpang di Terminal Ferry Internasional terjadi di H-2 Natal. BUP BP Batam berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa pelabuhan,” tambah Dendi.
Data yang dihimpun Badan Usaha Pelabuhan, menunjukkan, sepanjang periode Nataru 2023 mulai H-7 Natal hingga H+7 tahun baru, terdapat 44.027 penumpang Kapal Pelni. Jika dibandingkan tahun sebelumnya (2022), jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 14%.
Baca Juga: Pelni Siapkan Dua Kapal Antisipasi Lonjakan Mudik Nataru
Sedangkan jumlah penumpang yang naik dan turun di Terminal Ferry Domestik Telagapunggur pada Nataru 2023 mencapai 144 Ribu orang, dan penumpang di Terminal Ferry Domestik Sekupang mencapai 106 Ribu orang.
Arus penumpang di Terminal Ferry Internasional selama Nataru 2023, juga cukup ramai atau mencapai 341 ribu penumpang yang naik dan turun. Diprediksi angka ini, akan mengalami peningkatan di musim libur Nataru 2024.
Baca Juga: 517 Personel Gabungan Diternjunkan Pengamanan Nataru
Dendi menambahkan, Badan Usaha Pelabuhan juga telah melakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan angkutan Laut Nataru 2024/2025, bersama mitra pengelola Terminal Ferry Internasional dan didukung kolaborasi lintas instansi.
Seperti Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam, Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Tipe B Batam, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.
Kemudian Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam, Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Kepulauan Riau, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan, dan Pangkalan Utama TNI AL IV Batam untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus penumpang pada periode Nataru 2024/2025.
Baca Juga: PLN Siapkan 78 Ribu Personel, Jaga Keandalan Listrik Jelang Nataru
“Sinergi ini menjadi kunci utama, menjamin kelancaran dan keselamatan perjalanan selama masa angkutan Natal dan tahun baru. Kami mengapresiasi dukungan semua pihak yang terlibat,” pungkas Dendi. (hen)