BATAM (Kepri.co.id) – PT PLN Batam melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL), membimbing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam naik kelas, dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan digital marketing dan tata kelola pelaku UMKM.
Kegiatan yang bertujuan UMKM makin adaptif di era revolusi 4.0 ini, kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara PT PLN Batam dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Pemerintah Kota (Pemko) Batam di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas KUMKM Raja Ali Kelana Kota Batam, Kamis (15/8/2024).
Baca Juga: PLN Batam Beri Diskon Spesial Biaya Pasang Tambah Daya hanya Rp170.845
Pelatihan ini mengupas berbagai aspek penting. Seperti branding dan marketing, strategi penggunaan media sosial, serta praktik pembuatan strategi konten yang efektif, untuk meningkatkan kapasitas ekonomi digital para pelaku UMKM.
Melalui pelatihan ini, peserta diajarkan cara membuat konten yang dapat menarik perhatian target pasar dan meningkatkan engagement.
Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, Zulhamdi, mengatakan, tugas PLN Batam bukan hanya memberikan pelayanan listrik yang prima dan andal.
Namun, juga dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat melalui program-program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL), yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Baca Juga: PLN Icon Plus dan RS Bakti Timah Karimun, Hadirkan Wi-Fi Gratis Bantu Warga Registrasi Digital
“PT PLN Batam sebagai penyedia tenaga listrik di Kota Batam, sangat mendukung pengembangan usaha di Pulau Batam. Mulai dari sektor industri, bisnis hingga sampai ke produk UMKM untuk meningkatkan produktivitas. Salah satu upayanya, dengan pelatihan digital marketing,” kata Zulhamdi.
Ia menjelaskan, pelatihan ini diharapkan para peserta dapat memproduksi barang yang lebih baik. Begitu juga dengan tips dan trik memfoto dan mengedit produk, guna meningkatkan harga jual, mengoptimalkan berbagai fitur dari sosial media, serta e-commerce dan sebagainya.
“Seperti yang kita ketahui, UMKM salah satu pilar utama ekonomi nasional. Sekaligus, salah satu faktor sangat berpotensi membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat,” ujar Zulhamdi.
Baca Juga: PLN Batam Akan Lakukan Penyesuaian Tarif, Irwansyah: Tetap Lindungi Masyarakat Kurang Mampu
Zulhami mengajak, bersama-sama memberikan dukungan, perlindungan, dan pengembangan seluas-luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat.
Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Hendri Arulan, mengapresiasi upaya PLN Batam meningkatkan soft skill para pelaku UMKM, untuk dapat bersaing di era digital saat ini.
“Saya berharap dengan adanya pelatihan digital marketing ini, UMKM akan semakin mahir memanfaatkan berbagai dunia digital, khususnya penggunaan sosial media dan e-commerce untuk memasarkan produknya. Saya yakin, kualitas produk UMKM Kota Batam tidak kalah dengan produk lainnya. Namun, kadang strategi pemasaran yang sering kali masih belum optimal,” aku Hendri.
Sementara itu, Lailatus Sa’adah, salah satu pelaku UMKM pemilik Kripik Pisang Coklat Lumer, sebagai salah satu peserta pelatihan, mengungkapkan rasa senangnya diberikan kesempatan mengikuti pelatihan digital marketing dari PLN Batam.
Baca Juga: PLN Masuk 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune, PLN Batam Siap Mendukung
“Kami merasa sangat terbantu. Melalui pelatihan ini, dapat meningkatkan pengetahuan kami menjalankan bisnis, terlebih lagi narasumber yang dihadirkan selalu praktisi atau orang yang ahli di bidangnya. Lewat pelatihan digital marketing ini, pelaku UMKM bisa memperluas jangkauan pasar. Produksi rumahan bisa punya jangkauan lebih luas. Terima kasih PLN Batam dan BRI,” ujarnya. (amr)