Ansar Menanam Cabai di Natuna, Sekaligus Salurkan Bantuan Pertanian

Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad menanam cabai salah satu upaya ketahanan pangan di Natuna, Selasa (15/8/2023). (F. dok humas pemprov kepri)

NATUNA (Kepri.co.id) – Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad menanam cabai di Desa Semedang Kecamatan Bunguran Batubi, Natuna, Selasa (15/8/2023).

Selain enanam padi untuk ketahanan pangan di pulau terluar Indonesia itu, Ansar juga menyerahkan bantuan pertanian.

Bantuan meliputi pupuk organik, pupuk NPK, benih cabai, benih padi Inpari, dan benih Nutrizink yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2023.

Penyerahan bantuan diberikan ke Kelompok Tani Harapan Baru menerima bantuan pupuk NPK sebanyak 500 kg dan pupuk organik sebanyak 520 kg.

Selanjutnya Kelompok Tani Maju Bersama menerima bantuan pupuk NPK sebanyak 500 kg dan pupuk organik sebanyak 480 kg.

BACA JUGA:   Ansar Tukang Lobi Ulung, Temui Bapanas dan Bawa Pulang Cold Storage serta Kontainer

Berikutnya Kelompok Tani Sumber Waras menerima bantuan pupuk NPK sebanyak 500 kg dan pupuk organik sebanyak 480 kg.

Tak hanya itu, juga dilakukan penyerahan bantuan lainnya seperti benih cabai untuk 16 kelompok tani, pupuk NPK untuk 16 kelompok tani.

Bantuan lainnya pupuk organik untuk 19 kelompok tani, serta benih padi inpari dan benih padi nutrizink untuk masing-masing 10 dan 11 kelompok tani.

Ansar menyatakan harapannya, bantuan pertanian ini dapat menjaga ketersediaan pangan di Kabupaten Natuna.

Kehadiran bantuan ini, merupakan langkah konkret menghadapi tantangan dan memastikan keberlanjutan pertanian di wilayah tersebut.

BACA JUGA:   Anda Karyawan Ingin Kuliah, Ada Kelas Shift di Universitas Putra Batam

“Mengingat Natuna berada di posisi terdepan NKRI, pemenuhan pangan dan pembangunan sektor pertanian di wilayah ini sangat penting,” ujar Ansar.

Mendukung ketahanan pangan dan pertanian di Kabupaten Natuna, juga akan dilakukan sosialisasi budidaya cabai proliga oleh Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Kepri.

Selain itu, Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri akan memberikan praktek pembuatan biosaka.

Gubernur Ansar berharap, dengan bebagai bantuan pertanian serta pembekalan petani dengan berbagai ilmu, akan sangat berguna mendukung penguatan ketahanan pangan di Natuna.

BACA JUGA:   Cegah PMI Nonprosedural, Imigrasi Tegah 6.211 Orang ke Luar Negeri

“Kami berharap, dengan bantuan pertanian yang kami berikan, serta melalui sosialisasi budidaya dan praktek pembuatan biosaka, Kabupaten Natuna di Gerbang Utara NKRI dapat menguatkan ketahanan pangan dan menghadapi tantangan masa depan lebih baik.” tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua I DPRD Kepri Rizki Faisal, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidiq, Tokoh Masyarakat Gerry Yasid.

Kemudian Kepala BSIP Kepri Ruslan Boy, Katim Implementasi Kekda Bank Indonesia (BI) Kepri Miftahul Choiri, Para Camat, ketua, dan anggota kelompok tani di Natuna. (hen)