BATAM (Kepri.co.id) – Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Usaha Pelabuhan (BUP) membuat terobosan baru, beli tiket ferry domestik Pelabuhan Sekupang dan Telagapunggur sudah bisa via online. Sehingga, calon penumpang tak perlu repot antre di konter tiket.
Penerapan sistem e-ticketing dan cashless payment di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Pelabuhan Telagapunggur ini, telah diterapkan Selasa (14/11/2023).
Penerapan sistem e-ticketing dan cashless payment di pelabuhan ini, sejalan dengan komitmen Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, meningkatkan layanan kepada masyarakat.
Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan, sebelum diterapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan uji coba pada 8-12 November 2023. Sosialisasi dan uji coba tersebut berjalan sukses. Sehingga, e-ticketing mulai diterapkan bertahap.
Para calon penumpang sudah bisa memesan tiket secara elektronik, melalui website easybook.com atau aplikasi easybook yang disediakan perusahaan provider PT Easybook Teknologi. Easybook merupakan aplikasi pemesanan tiket untuk calon penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang.
Selain Easybook, para calon penumpang juga dapat memesan tiket elektronik melalui website tiketbatam.mkpmobile.com.
Website yang disediakan perusahaan provider PT Mitra Kasih Perkasa tersebut, dapat melayani pemesanan tiket keberangkatan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang maupun Pelabuhan Telagapunggur.
“Kedua perusahaan provider tersebut, telah menjalani kerja sama dengan agen kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagapunggur,” ujarnya, Selasa (14/11/2023).
Ia menjelaskan, ada 18 operator kapal yang telah berkomitmen melayani pembelian tiket secara online. Terdiri dari 11 operator kapal, melayani perjalanan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang dan tujuh operator kapal di Pelabuhan Telagapunggur.
“Kami akan melakukan soft launching penerapan e-ticketing di Pelabuhan Domestik Batam. Meski e-ticketing sudah mulai diberlakukan, pembelian secara offline masih tetap dilayani di loket-loket pelabuhan,” katamya.
Sejalan dengan penerapan e-ticketing, Pelabuhan Domestik Batam juga mulai menerapkan cashless payment di Pelabuhan Batam.
Para calon penumpang, dapat melakukan pembayaran tiket non tunai dengan berbagai pilihan. Mulai dari pembayaran melalui QRIS, kartu debit, kartu kredit, transfer bank, Kredivo, Ovo, Go-Pay, dan Dana.
Tidak hanya itu, ke depan BP Batam akan menyediakan mesin self ticketing, yang tersedia di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagapunggur.
Dendi berharap, dengan adanya penerapan e-ticketing dan pembayaran non tunai ini, proses perjalanan penumpang kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagapunggur akan menjadi lebih efisien dan transparan.
Sehingga, akan meningkatkan pengalaman penumpang menggunakan layanan transportasi laut di Kota Batam.
“Penerapan tiket online ini, tentunya akan memberikan kemudahan bagi penumpang yang akan memesan tiket kapal. Hal ini juga menandai penerapan digitalisasi layanan di sektor Pelabuhan Penumpang,” imbuhnya. (rud)