Angkutan Lebaran, Badan Usaha Pelabuhan BP Batam Layani 580 Ribu Penumpang

Hiruk pikuk penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang, Senin (15/4/2024). (F. rud/ bp batam0

BATAM (Kepri.co.id) – Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BUP BP) Batam melayani 580.867 penumpang di periode angkutan lebaran tahun 2024, yakni mulai 26 Maret 2024 (H-15) hingga 14 April 2024 (H+3).

Jumlah ini meliputi keberangkatan dan kedatangan di Terminal Ferry Domestik dan Terminal Ferry Internasional di wilayah kerja BP Batam.

Baca Juga: Arus Balik Mudik Punggur 12.963 Penumpang, Via Sekupang 8.077 Penumpang

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan, jumlah penumpang di periode angkutan lebaran tahun 2024 ini mengalami peningkatan 11 persen, dibandingkan periode yang sama tahun 2023 mencapai 521 ribu penumpang.

“Peningkatan tertinggi berada di Terminal Ferry Domestik sebesar 15 persen, atau mencapai 316 ribu penumpang datang dan berangkat mulai dari H-15 hingga H+3 lebaran,” ujar Dendi.

BACA JUGA:   Dukung Proyek Strategis Nasional, Sebagian Masyarakat Kembalikan Aset ke BP Batam

Hal ini, lanjut Dendi, menunjukkan tren positif mengingat tidak ada lagi kebijakan pembatasan bepergian dari pemerintah pusat.

Baca Juga: BP Digitalisasi Layanan Parkir di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagapunggur

Dendi menambahkan, sepanjang periode angkutan lebaran tahun 2024, puncak arus mudik di Terminal Ferry Domestik dalam wilayah kerja BP Batam, terjadi pada H-3 dengan jumlah penumpang meninggalkan Batam sebanyak 16.795 orang.

Sedangkan arus balik pada H+3, sudah terjadi peningkatan dengan jumlah penumpang datang mencapai 17.541 orang.

Dendi memprediksi, jumlah penumpang yang datang akan terus bertambah pada H+4 lebaran mengingat pada Selasa, 16 April 2024 kegiatan perkantoran dan sekolah kembali normal pasca libur hari Raya Idul Fitri 2024.

“Kami memprediksi di H+4 lebaran atau Senin, 15 April 2024 ini, jumlah penumpang yang kembali ke Batam terus masih terus bertambah,” imbuh Dendi.

BACA JUGA:   Usung Jargon Ketabo, Kejari Paluta Pimpin Apel Integritas

Dihimpun dari data Badan Usaha Pelauhan (BUP) BP Batam, Terminal Ferry Domestik dengan jumlah penumpang terpadat selama periode angkutan lebaran tahun 2024 (H-15 sampai H+3), adalah Terminal Ferry Domestik Telagapunggur dengan total penumpang datang dan berangkat mencapai 139 Ribu penumpang.

Terminal ini melayani penumpang tujuan Tanjungpinang, Dabo Singkep, Tanjunguban, Tarempa, dan Sei Tenam.

Sedangkan untuk Terminal Ferry Internasional, Terminal Ferry Internasional Batam Centre melayani penumpang dengan jumlah penumpang terbanyak dengan total penumpang datang dan berangkat mencapai 154 ribu penumpang.

Terminal ini melayani penumpang tujuan Malaysia (Stulang Laut dan Pasir Gudang) serta Singapura (Harbour Front dan Tanah Merah).

Selama periode angkutan lebaran tahun 2024, BUP BP Batam, imbuh Dendi, juga telah menyiagakan empat posko angkutan laut yang tersebar di beberapa titik.

BACA JUGA:   Laka Lantas Pelajar Tinggi, Ditlantas Jalin Kerja Sama dengan Disdik Provinsi Kepri dan Kanwil Kemenag

Antara lain Terminal Ferry Domestik Telagapunggur, Terminal Ferry Domestik Sekupang, Terminal Ferry Domestik Harbour Bay, dan Terminal Umum Batuampar (Pelni).

BUP Batam bersama-sama dengan instansi terkait lainnya, melakukan pengawasan terpadu di Pelabuhan Batam selama periode arus mudik angkutan lebaran tahun 2024.

Antara lain Lantamal IV Batam, Kepolisian Kawasan Pelabuhan Polresta Barelang, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam.

Kemudian Kantor Imigrasi Batam, Kantor Bea dan Cukai Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Koordinator Basarnas Batam, Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, dan Jasa Raharja Kota Batam.

“Kami ucapkan terima kasih atas sinergi lintas instansi selama pengamanan angkutan lebaran tahun 2024, sehingga kegiatan mudik dapat berjalan tertib dan lancar,” tegas Dendi. (asa)