Pj Bupati Muba Boyong OPD dan Muspida, Silaturahmi dengan Ika Muba Batam

Pj Bupati Muba, H Apriyadi Mahmud (berkopiah) saat hadir dalam silaturahim dengan Ika Muba Batam di Hotel Harmoni One Batam Center, Sabtu (12/11/2022) malam. (F. asa)

BATAM (Kepri.co.id) – Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba), H Apriyadi Mahmud memboyong hampir semua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Muba, pada silaturahmi Ikatan Keluarga Musi Banyuasin (Ika Muba) Batam di Hotel Harmoni One Batam, Sabtu (12/11/2022) malam.

Tidak hanya OPD, sejumlah musyawarah pimpinan daerah (Muspida) Muba, turut bareng Pj Bupati Muba pada perhelatan ribuan warga Muba di perantauan Batam mencari nafkah kehidupan tersebut. Seperti Dandim 0401 Letkol Arm Dede Sudrajat, Ketua PN Sekayu Cristo Evert Natanael Sitorus, dan lainnya.

“Selain menjaga silaturahim, warga Muba di Batam harus memberikan andil sumbangsih pemikiran untuk kemajuan di Muba,” pesan Apriyadi, kepada warga Muba yang hadir di akhir pekan tersebut.

Ketua Ika Muba Batam, Haryadi menyampaikan kata sambutan silaturahim Ika Muba Batam dengan Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud di Hotel Harmoni One Batam Center, Sabtu (12/11/2022) malam. (F. istimewa)

Pesan Pj Bupati Muba ini, disambut positif oleh Ketua Ika Muba, Haryadi. Menurutnya, warga Muba di Batam memiliki kerinduan dan ikatan batin yang mendalam dengan kampung halamannya di Muba.

BACA JUGA:   Hibahkan Mobil Ambulans, Cen Sui Lan Torehkan Tinta Emas Buat PMI dan Masyarakat

“Apalagi, malam ini berkesempatan langsung bertemu dengan bapak Bupati H. Apriyadi Mahmud yang merupakan putra terbaik asli warga Muba,” ujar Haryadi.

Hal tersebut juga diakui Ulil Azawan, Panitia Silaturahim Ika Muba yang sudah puluhan tahun bermastautin di Batam. Bahkan, kedua orang tuanya sudah dibawa tinggal di Batam.

“Kalau di Batam, saya ngaku sebagai orang Sekayu sebagai Ibukota Muba. Kalau ke Sekayu, saya mengaku sebagai orang Batam. Karena saya sudah membuat rumah dan mencari nafkah di Batam,” ujar Ulil yang juga pengacara di Batam ini bersama kantor hukum Taba Iskandar.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Muba Bidang Pembangunan, M Thabrani menyebutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba senantiasa hadir dalam pelantikan maupun silaturahim Ika Muba di seluruh wilayah di Indonesia.

BACA JUGA:   Amjad Millenium Malaysia-Singapura Wakafkan 2.500 Alquran se-Kepri

“Warga Ika Muba terbanyak di Jakarta. Tapi, pada intinya setiap pelantikan atau silaturahim Ika Muba, Pemkab Muba senantiasa hadir sebagai dukungan terhadap warganya di perantauan,” ujar Thabrani.

Untuk mengobati kerinduan kampung halaman, di acara silaturahim itu ditampilkan seni tari dan Senjang. Performance ini persembahan Sanggar Sa’ayu binaan Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi.

Ribuan warga Muba perantauan Batam tersebut, terlihat mengeluarkan handphone (HP) mengabadikan pertunjukan seni dari kampung halamannya itu.

Deretan kepala OPD Pemkab Muba memakai batik gambo khas Muba. (F. asa)

Pejabat Merakyat

Ketua Ika Muba Batam, Haryadi, memaparkan, Pj Bupati Apriyadi merupakan birokrat merakyat.

Karir Apriyadi dimulai dari bawah sebagai Kepala Desa Pematang Palas, Kabag Kesra Muba, Kepala Bappeda Muba, Kepala Dikbud Muba, Sekda Muba, Kadinsos Pemprov Sumsel, hingga sempat menjabat Pj Bupati PALI.

BACA JUGA:   Cegah Berita Hoaks, Polda dan PWI Kepri Gelar FGD Saring Sebelum Share

“Karir beliau memang sudah sangat mengabdi untuk Kabupaten Muba. Kita doakan pak Bupati Apriyadi terus memberikan dampak positif kemajuan pembangunan di Bumi Serasan Sekate,” ujar Haryadi.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Batam, Drs Heriman HK dalam sambutannya mewakili Walikota Batam, Muhammad Rudi yang lagi ibadah umrah, mengaku kagum dengan silaturahim warga Kabupaten Muba yang berada di Batam.

“Ini ikatan keluarga yang sangat erat. Kami apresiasi cara warga Muba di perantauan menjaga silaturahim,” ujar Heriman menyampaikan salam dan permintaan maaf Walikota Batam tak bisa hadir dalam silaturahim tersebut. (asa)