Regency Kenalkan Terobosan Perawatan Mioma Uterus Non Operasi

Rumah Sakit Spesialis Regency memperkenalkan metode opsi perawatan mioma uterus non operasi yang terbukti tingkat keberhasilannya. (F. regency)

BATAM (Kepri.co.id) – Rumah Sakit Spesialis Regency Johor Bahru, sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Asia Tenggara dan mendukung wisata medis, menawarkan terobosan opsi perawatan mioma uterus non operasi yang terbukti tingkat keberhasilannya.

Spesialis Radiologi dan Radiologi Intervensi Khusus Neuroradiologi, Radiologi Intervensi Vaskuler & Non-vaskuler Rumah Sakit Spesialis Regency, Dr Yeow Kee Min, mengatakan, fibroid uterus adalah tumor jinak otot polos panggul yang paling umum terjadi pada wanita dan terjadi pada 25% wanita berusia 35-45 tahun.

Gejala klinis bervariasi, mayoritas pasien datang dengan perdarahan menstruasi berat dan anemia berat. Ada pula yang baru menyadari ada fibroid rahim, ketika teraba massa di perut bagian bawah. Fibroid yang lebih besar dapat menekan organ panggul, menyebabkan gejala seperti nyeri, ketidaknyamanan, sembelit, atau sering buang air kecil.

 

UAE: Opsi Perawatan Fibroid Uterus
Fibroid rahim sering terjadi tetapi hanya sekitar 30% penderita mengalami gejala. Seperti menstruasi berat atau tekanan panggul yang memerlukan pengobatan. Embolisasi arteri uterina (UAE) adalah pilihan bagi mereka yang memilih, untuk tidak menjalani operasi atau mengangkat rahimnya.

BACA JUGA:   Rudi dan Jefridin Pukul Bedug Buka Chinatown Imlek Festival II

UAE telah diakui sebagai pengobatan yang aman dan efektif oleh American Society of Obstetricians and Gynecologists sejak tahun 2020. UAE menangani semua jenis fibroid yang terlepas dari posisinya di dalam rahim, melibatkan penggunaan tabung kecil untuk memblokir suplai darah ke fibroid yang mana akan mengecilkannya.

Keunggulan UAE dibandingkan pembedahan, dapat menghentikan pendarahan menstruasi berat dengan segera, mengobati semua fibroid dalam satu prosedur, tidak meninggalkan bekas luka, dan tidak menyebabkan penyumbatan usus.

UAE telah wujud sejak tahun 1995, ketika pertama kali dikembangkan ginekolog Prancis, Dr Ravina dan ahli radiologi intervensi, Dr Merland. Tahun 2003, Dr Yeow (penulis) menerbitkan penelitian yang menunjukkan, UAE aman dan efektif berdasarkan 43 kasus pengobatan fibroid.

Bagaimana UAE Dilakukan?
Selama UAE, pasien terjaga namun mati rasa dengan anestesi lokal. Tabung tipis yang disebut kateter dimasukkan melalui sayatan kecil di area selangkangan kanan, diarahkan ke arteri uterina yang memasuk darah ke fibroid.

Partikel kecil kemudian disuntikkan melalui kateter untuk menyumbat arteri ini, memutuskan aliran darah dan nutrisi ke fibroid. Setelah selesai, kateter dilepas dan tekanan diberikan pada selangkangan kanan menghentikan pendarahan. Pasien perlu istirahat di tempat tidur selama sekitar empat jam, dan mereka mungkin memasang kateter di kandung kemihnya selama waktu tersebut.

BACA JUGA:   Perkara Korupsi PPD Bergulir ke Pengadilan Tipikor

Kemungkinan Komplikasi
Setelah UAE, nyeri perut bagian bawah biasanya terjadi selama 4 hingga 6 jam yang mungkin memerlukan satu hari rawat inap.

“Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman hingga seminggu. Disarankan istirahat sekitar 10 hari dan menghindari mengangkat barang berat,” ujar Dr Yeow Kee Min.

Kebersihan yang baik, sangat penting dan antibiotik mungkin diresepkan selama dua minggu, untuk mencegah infeksi pada rahim. Adakalanya, 4% berkemungkinan melahirkan fibroid submukosa melalui vagina dalam bulan pertama setelah UEA, terutama jenis fibroid tertentu.

“Jika ada bau atau keluar cairan yang tidak biasa dari vagina, segera ke rumah sakit atau klinik untuk mendapatkan tindakan lanjut,” ujar Dr Yeow Kee Min.

BACA JUGA:   BKDI BP Batam Buat Terobosan Launching Tabungan Kurban, Kerja Sama dengan BTN Syariah

Pimpinan Kantor Pelayanan dan Informasi Rumah Sakit Spesialis Regency Johor Bahru di Kepri, Albiner S Simanjuntak, mengatakan, masyarakat yang ingin berobat ke Regency bisa menghubungi pihaknya.

“Alamatnya Komplek Pertokoan Green Land Batam Center, Blok F 1 Nomor 7 dekat Morning Bakery Green Land. Atau WhatsApp (WA) di +62812-7003-8070 atau +62815-3690-0320. Bisa juga menghubungi +62778-463-623,” terang Albiner.

Rumah Sakit Spesialis Regency Johor Bahru, Malaysia. (F. regency)

Tentang Rumah Sakit Spesialis Regency
Terletak di Johor Bahru, Malaysia yang berkembang pesat, Regency adalah rumah sakit tersier berkapasitas 218 tempat tidur dengan 82 spesialis dan menangani lebih dari 172.000 pasien per tahun.

RS Spesialis Regency adalah rumah sakit swasta dengan A&E 24 jam yang diawaki spesialis darurat. Didirikan tahun 2009, Regency berkembang pesat.

Rumah sakit ini berlokasi nyaman 15 menit dari Woodlands Causeway Singapura dan disetujui untuk penggunaan Singapore Medisave.

Regency adalah rumah sakit saudara dari Mahkota Medical Center di Melaka dan merupakan bagian dari Health Management International (HMI) Group. (asa)