Batam  

Kapolda Kepri Bersihkan Sampah Laut, Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Kapolda Kepri, Irjen Pol Tabana Bangun mengangkat sampah di laut di perairan Dermaga Ditpolairud Polda Kepri dan Pelabuhan Sekupang, Kamis (13/7/2023). (F. dok humas polda kepri)

BATAM (Kepri.co.id) – Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi turun langsung membersihkan sampah yang mengotori laut bersama pejabat utama dan personel Polda Kepri di perairan Dermaga Ditpolairud Polda Kepri dan area Pelabuhan Sekupang, Kamis (13/7/2023).

Bersih-bersih lingkungan yang dipimpin langsung Kapolda Kepri ini, bersama masyarakat setempat menggelar kegiatan Polri Peduli Lingkungan dengan tema “Membersihkan Sampah Serentak Bersama Polri”.

Baca Juga: Semangat Bhayangkara Inspirasi Polri, Kapolda Irup Upacara Tabur Bunga

Acara ini difokuskan di Dermaga Ditpolairud Polda Kepri, Kampung Tua desa Panau, Pantai Nongsa, dan di Jembatan 1 Barelang.

Kegiatan membersihkan sampah serentak di Dermaga Ditpolairud Polda Kepri, dipimpin Kapolda Kepri, dengan diikuti Dirpolairud Polda Kepri, Dirsamapta Polda Kepri, dan personel Polda Kepri.

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto (kiri) bersama pejabat dan personel Polda Kepri bersih-bersih lingkungan di Kampung Tua Tembesi, Kamis (13/7/2023). (F. dok humas polda kepri)

“Keberadaan Bapak Kapolda bersama Pejabat Utama dan personel Polda Kepri di sana, menunjukkan komitmen Polri mendukung inisiatif masyarakat menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” ujar Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan SIK MH.

BACA JUGA:   Antisipasi Kenakalan, Ortu Pastikan Jam Pulang Anak Malam Hari

Kegiatan membersihkan sampah serentak juga dilaksanakan di Kampung Tua Desa Panau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Di lokasi ini, Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto bersama Diresnarkoba Polda Kepri, Wadir Intelkam Polda Kepri, Seklur Kabil, Ketua RW 04 dari kelurahan Kabil, Karang Taruna kampung Panau, serta masyarakat setempat berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan di Kampung Tua Desa Panau ini, menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Kabidhumas Polda Kepri.

Dalam sambutannya, Dirlantas Polda Kepri menyampaikan kegembiraannya melihat sinergi antara Polri dan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Dirlantas mengucapkan terima kasih kepada Pak RW dan tokoh-tokoh masyarakat, yang hadir dan membantu dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:   Lahan Kawasan FTZ BP Batam, Alasan Aset Jalan Provinsi di Batam Diserahkan ke Pemko Batam

Dirlantas Polda Kepri juga menghimbau masyarakat, agar lebih peduli membuang sampah dengan benar. Ia menekankan pentingnya menggunakan tempat pembuangan sampah yang telah disediakan, dan menghindari pembuangan sampah sembarangan.

Selain itu, Dirlantas Polda Kepri mengajak semua pihak secara bertahap membersihkan sampah yang terbawa oleh air laut ke pinggir pantai.

Dirlantas Polda Kepri menyampaikan harapannya, kegiatan ini dapat mendukung kebersihan lingkungan secara menyeluruh dan mencegah penyebaran penyakit yang dapat timbul akibat tumpukan sampah. Beliau juga menyampaikan salam hormat dari Kapolda Kepri kepada warga sekitar dan tokoh-tokoh masyarakat, yang telah berperan aktif dalam kegiatan ini.

Tak hanya di Dermaga Ditpolairud Polda Kepri dan di Kampung Tua Desa Panau, kegiatan membersihkan sampah serentak juga dilakukan di Pantai Nongsa dan Jembatan 1 Barelang. Berbagai pejabat Polda Kepri seperti, Karolog, Dirbinmas, Kabiddokkes, Kabidkeu, dan Wakapolsek Nongsa turut serta dalam membersihkan sampah di Pantai Nongsa.

BACA JUGA:   Masyarakat Setokok Dukung Investor Masuk, Tegaskan Tidak Ada Mafia Lahan

Sedangkan di Jembatan 1 Barelang, kegiatan ini dihadiri Dansat Brimob Polda Kepri, Wadansat Brimob, dan personel Sat Brimob Polda Kepri.

Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan SIK MH, mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kolaborasi antara Polri dan masyarakat setempat, diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas lainnya.

“Semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari untuk generasi mendatang,” tutup Kabidhumas Polda Kepri. (asa)