BATAM (Kepri.co.id) – Penumpang Ferry dari dan ke Batam melalui pelabuhan domestik Sekupang dan Telagapunggur, beli tiket sudah bisa melalui online.
Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Unit Usaha Pelabuhan Penumpang Badan Usaha Pelabuhan, mulai menerapkan sistem E-ticketing atau tiket online di Pelabuhan Domestik Batam. Antara lain Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagapunggur dalam waktu dekat ini.
Penerapan E-Ticketing ini, sejalan dengan komitmen Kepala BP Batam, Muhammad Rudi memaksimalkan pelayanan bagi seluruh pengguna jasa kepelabuhanan, termasuk sektor pelabuhan penumpang.
Wacana pemberlakuan E-ticketing ditandai penandatanganan perjanjian Pelayanan E-ticketing dan Tata Cara Pengadministrasian Layanan Pass Penumpang Domestik, antara BP Batam dalam hal ini Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Wan Darussalam, dan 18 pimpinan perusahaan operator kapal domestik di Marketing Centre BP Batam, Selasa (7/11/2023).
Tercatat 10 perusahaan operator kapal domestik di Terminal Domestik Sekupang, dan delapan perusahaan operator kapal domestik di Terminal Domestik Telagapunggur yang melakukan penandatanganan perjanjian layanan E-ticketing dengan BP Batam.
Adapun penyelenggaraan E-ticketing di Pelabuhan Domestik Batam, para operator kapal domestik menggandeng dua perusahaan provider antara lain PT Easybook Teknologi dan PT Mitra Kasih Perkasa, yang telah lama berkecimpung dalam penyediaan tiket online.
“Penandatanganan perjanjian ini, merupakan upaya BP Batam meningkatkan pelayanan. Terutama kemudahan bagi calon penumpang, melakukan pemesanan tike dan efisiensi layanan. Sehingga, tidak ada lagi antrean pembelian tiket di pelabuhan, terutama saat high season,” ujar Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar.
Dendi menambahkan, uji coba penerapan E-ticketing dilakukan mulai 8-12 November 2023. Jika uji coba berjalan lancar, BP Batam akan melakukan sosialisasi penerapan E-ticketing kepada stakeholder jasa kepelabuhanan dan media massa, dilanjutkan kegiatan soft launching yang ditargetkan terlaksana pada 14 November 2023 mendatang.
BP Batam sendiri, lanjut Dendi, telah melakukan koordinasi secara intens dengan asosiasi INSA (Indonesian National Shipowners’ Association) DPC Batam, Pelra (Pelabuhan Rakyat) DPC Batam, operator kapal domestik, perbankan, dan perusahaan penyedia sistem sejak Agustus 2023.
“Dengan penerapan E-ticketing ini, proses perjalanan penumpang kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagapunggur akan menjadi lebih efisien dan transparan, serta meningkatkan pengalaman penumpang menggunakan layanan transportasi laut di Kota Batam,” imbuhnya.
Terlebih, lanjut Dendi, Kota Batam merupakan transit hub bagi wisatawan domestik dan mancanegara, yang akan melakukan perjalanan ke pulau-pulau lain di dalam wilayah Kepri maupun Provinsi Riau.
“Penerapan tiket online ini, akan memberikan kemudahan bagi penumpang yang berada di kota lain, yang ingin menuju atau berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang maupun Telagapunggur ke tujuan pulau berikutnya,” katanya.
Turut hadir dalam kegiatan penandatanganan perjanjian ini, Kepala Satuan Pemeriksa Intern BP Batam Konstantin Siboro, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Alex Sumarna.
Ke undian Kepala Biro Keuangan BP Batam Siswanto, Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait.
Selanjutnya Direktur Peningkatan Kinerja dan Manajemen BP Batam Risiko Asep Lili Holilullah dan GM Unit Usaha Pelabuhan Penumpang Benny Syahroni. (rud)