BATAM (Kepri.co.id) – Buntut keluhan masyarakat terhadap kualitas air bersih yang beberapa waktu lalu keruh, sehingga Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama PT Air Batam Hilir (ABHi) melakukan pembersihan (flushing) jaringan pipa air di 15 titik wilayah Kota Batam, Sabtu (6/1/2024).
Hal itu dilakukan, sebagai wujud komitmen BP Batam meningkatkan pelayanan dan kualitas air bersih kepada masyarakat Batam, sebagaimana arahan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.
“Flushing ini program rutin yang ditambah intensitasnya, mengingat ada sejumlah keluhan pelanggan,” kata General Manager (GM) Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Hilir BP Batam, Djohan Effendy usai meninjau kegiatan.
Disebutkan, flushing merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk membersihkan kotoran berupa kerak dan endapan yang ada dalam saluran perpipaan, dengan tekanan tertentu melalui katup pengurasan.
Flushing juga salah satu cara menjaga kualitas dan kontinuitas air yang didistribusikan SPAM Batam.
“Flushing ini dilakukan, usai perbaikan jaringan perpipaan yang bisa menyebabkan air keruh ke pelanggan,” ujarnya.
“Kegiatan ini juga ada penambahan beberapa titik ujung pipa pembuangan (wash out) untuk memaksimalkan kualitas air,” jelasnya.
Ditambahkan, proses flushing, sudah dimulai Jumat (5/1/2024) dan akan dilaksanakan beberapa tahap kegiatan.
“Di saat yang sama, SPAM Batam melakukan chemical treatment agar kualitas air yang diterima semakin baik,” pungkasnya.
Adapun titik dilakukan flushing kali ini di wilayah Botania Garden, SMA 3, Taman Raya tahap 5, Batu Besar, Citra Lautan Teduh, dan kawasan Tiban. Seperti Taman Sari dan Tiban Global. (rud)