Benda Asing Jatuh dari Udara, Keluarkan Serbuk Putih dan Api

Gegana Jibom SatBrimob Polda Kepri mengamankan rocket parasut flare yang dikira bom jatuh di Perumahan Pemda 2 Jalan Pulau Seruan Nomor 314 Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji, kota Batam, Rabu (7/12/2022). (F. dok humas polda kepri)

BATAM (Kepri.co.id) – Sebuah benda berupa logam jatuh dari udara yang kemudian mengeluarkan serbuk putih, asap hitam pekat, dan api. Kejadian tersebut di depan rumah seorang warga di Perumahan Pemda 2 Jalan Pulau Seruan Nomor 314 Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji, kota Batam, Rabu (7/12/2022).

Menurut keterangan saksi bernama Alfian, setelah benda itu terjatuh di depan rumahnya, benda tersebut bergerak dengan sangat cepat.

Setelah benda bergeser dari titik awal sekitar dua meter, benda tersebut langsung mengeluarkan asap hitam pekat, tak lama kemudia terbakar.

BACA JUGA:   Even Internasional Tour de Batam Sukses, Rudi Pastikan Batam hingga Galang Kondusif

“Melihat hal tersebut, saya langsung menyiramnya. Benda tersebut awalnya jatuh seperti dari arah atas rumah saya. Saat benda itu terjatuh, pertama kali tidak ada bunyi ledakan dan hanya benda jatuh saja,” ujar Alfian.

Atas insiden tersebut, tim Gegana Jibom (penjinak bom) SatBrimob Polda Kepri, langsung diturunkan ke lokasi kejadian mengecek kebenarannya.

Barang bukti benda logam yang jatuh di perumahan warga ini, saat jatuh mengeluarkan serbuk putih, asap hitam pekat, dan api. Barang bukti ini sudah diamankan Gegana Jibom SatBrimob Polda Kepri. (F. dok humas polda kepri).

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt S SIK MSi, membenarkan informasi kejadian tersebut. Disebutkannya, benda yang jatuh bukan bom.

“Benda itu bukan bom. Melainkan sebuah benda yang terjatuh dari udara, kemudian jatuh di depan rumah seorang warga dengan kondisi terbakar. Warga yang mengetahui hal tersebut, langsung segera memadamkannya,” ujar Kabid Humas Polda Kepri.

BACA JUGA:   Ansar Jajal Kehandalan Betor Listrik Penyengat

Setelah tim gegana Jibom (penjinak bom) SatBrimob Polda Kepri diturunkan, tim langsung melakukan pendalaman atau pemeriksaan terhadap benda di lokasi kejadian.

Saat ini, benda berupa logam tersebut diamankan tim jihandak. Selanjutnya, roses penyelidikan sedang dilakukan Polresta Barelang bersama SatBrimob Polda Kepri.

“Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Tim Jibom SatBrimob Polda Kepri pukul 13.20-13.40 WIB. Berdasarkan analisa, dengan melihat bentuk fisik dan ukuran, barang tersebut adalah rocket parasut flare yang biasa digunakan di perkapalan/ pelayaran,” jelas Kombes Harry.

BACA JUGA:   BP Genjot KEK Nongsa Pengembangan Pusat Data

“Kami imbau masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa, karena jajaran Polri di Polda Kepri akan memastikan situasi kamtibmas kondusif. Apabila masyarakat menemukan kejadian yang serupa atau kejadian apapun, agar segera menghubungi kantor Polisi terdekat. Kami akan segera merespons laporan,” ujar Kombes Harry. (hen)