NDP Bangun “Jembatan Digital” Indonesia dan Dunia Internasional, Bangun Jaringan Kabel Serat Optik 5 Kilometer

Sekretaris Menteri Koordinator Perekonomian RI Sekaligus Ketua Dewan Pengawas BP Batam, Susiwijono Moegiarso saat kunjungan kerja ke KEK Nongsa Digital Park, Jumat (30/6/2023) lalu. (F. dok humas bp batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Nongsa Digital Park (NDP) mendukung penuh langkah strategis Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam meningkatkan nilai investasi.

Salah satu langkah mendukung pengembangan tersebut, dengan membangun jaringan kabel serat optik sepanjang 5 kilometer yang akan direalisasikan tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Tinjau KEK Nongsa Digital Park, Pemerintah Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Administrator KEK

CEO NDP, Mike Wiluan, mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan BP Batam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa.

Kabel serat optik berteknologi tinggi itu, bakal menjadi tulang punggung infrastruktur digital yang dapat menghubungkan konektivitas jaringan, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, khususnya Kota Batam.

BACA JUGA:   Ditresnarkoba Musnahkan 283 Gram Sabu
CEO NDP, Mike Wiluan. (F. dok humas bp batam)

“Saya berterima kasih kepada BP Batam, atas rencana strategis yang memberikan dampak positif terhadap pembangunan Indonesia. Selain letak strategis, infrastrukturnya pun lengkap,” ujar Mike.

Mike berharap, infrastruktur digital yang semakin lengkap, dapat mendorong Kota Batam sebagai “jembatan digital” antara Indonesia dan dunia internasional.

Mengingat, NDP telah berhasil menggaet investor internasional seperti Apple, IBM, dan Universitas Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT).

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Kurir Sabu 2,9 Kilo di Sagulung

Sehingga, kerja sama tersebut ikut memberikan dampak terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) Kota Batam ke depan.

“Kita mendukung upaya pemerintah meningkatkan investasi, agar pertumbuhan ekonomi Kota Batam ikut naik. Konektivitas serat optik yang kita bangun, akan menjadi ujung tombak investasi global di masa yang akan datang, mendukung ekosistem ekonomi digital di area pusat data,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, memberikan apresiasi terhadap upaya NDP mendukung pengembangan KEK Nongsa.

BACA JUGA:   Ganjarist Siap Menangkan Paslon Ganjar dan Mahfud

Rudi menilai, dengan pembangunan proyek di NDP dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan investasi Batam. Khususnya industri digital dan data center.

“Pembangunan yang sedang dikerjakan untuk kepentingan umum. Saya optimis, pertumbuhan ekonomi daerah akan meningkat, seiring kemajuan Kota Batam. Hal ini akan berdampak pula untuk daerah lain, dan BP Batam sedang persiapkan kemajuan itu. Mari kita dukung bersama-sama,” ujar Rudi. (rud)