Batam  

Ditunjuk Plh Dinas Lingkungan Hidup, Yusfa Langsung All Out Siang Malam

Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Yusfa Hendri memberikan pengarahan pada apel pegawai DLH penuntasan persoalan sampah. (F. dok mcb)

BATAM (Kepri.co.id) – Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Yusfa Hendri langsung all out mengerjakan sistem persampahan di Kota Batam.

Yusfa diberi amanah menjadi pelaksana harian DLH mulai 21 Juni hingga 27 Agustus. Ia ditunjuk Walikota Batam H Muhammad Rudi, menggantikan Kepala DLH Kota Batam Herman Rozie yang sedang menunaikan ibadah haji.

Yusfa yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Batam ini, bergerak sebagaimana arahan pertama Walikota agar Kota Batam terlihat bersih saat aktivitas dimulai.

BACA JUGA:   Satresnarkoba Tangkap Sabu 19,8 Kg, Jaringan Internasional dari Malaysia

Langkah pertama yang dilakukan Yusfa, mengumpulkan seluruh Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan di seluruh kecamatan. Arahan pertama Yusfa saat itu, sisir semua wilayah yang masih ada timbunan sampah. Jika ada, segera bersihkan.

“Biasanya masyarakat akan komplain jika lebih tiga hari sampah tak diangkat. Dengan langkah ini, otomatis akan meminimalisir penumpukan itu,” jelasnya.

Tak hanya itu, arus pengangkutan sampah dipantau, tak hanya siang, juga malam. Bahkan, hingga terakhir sampah masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) pada pukul 23.30 malam.

BACA JUGA:   Polresta Barelang Musnahkan Barang Bukti Ekstra Ordinary Crime, 1.489 Butir Ekstasi dan 2,855 Kg Ganja

Entaskan Sampah Saat Idul Adha
Yusfa juga menjelaskan tentang meningkatnya volume sampah pada Jumat (30/6/2023), tepatnya sehari setelah Hari Raya Idul Adha, pada Kamis (29/6/2023) lalu.

“Biasa timbunan sampah 1.000 hingga 1.050 ton tiap hari ke TPA. Namun, Jumat itu sampah masuk ke TPA 1.216 ton. Tripnya pun bertambah, dari rata-rata 370-380 trip per hari, menjadi 431 trip,” jelasnya.

Sedangkan pada hari H Idul Adha, memang ada pengurangan pengangkutan karena sebagian petugas merayakan lebaran.

BACA JUGA:   Makan Malam Romantis Valentine Plus Suasana Imlek di Yello Hotel Harbour Bay

“Fokus kami, jangan ada lagi tumpukan sampah di pinggir jalan. Agar Kota Batam tak terkesan jorok. Hal ini sesuai perintah Pak Wali untuk jadikan Batam kota baru, nan modern,” pungkasnya. (asa)