Hipnotis Diri Sendiri Berhenti Merokok, Kenapa Tidak?

F. ilustrasi

Berhenti dari kebiasaan merokok bisa jadi hal yang sangat sulit, tetapi itu keputusan yang baik demi kesehatan Anda. Jika Anda sudah mencoba berbagai cara menghentikan kebiasaan merokok dan belum juga berhasil, Anda dapat mencoba melakukan hipnosis untuk diri sendiri.

Sebagian orang merespons sugesti hipnosis ini dengan baik dan sebagian lainnya tidak. Meski demikian, hipnosis dapat membantu Anda rileks, mengelola perasaan cemas, dan menghentikan kebiasaan merokok demi kebaikan.

Metode Hipnotis menghilangkan kebiasaan merokok
Hipnotis merupakan kondisi trance atau tertidur yang ditujukan untuk merubah seseorang menjadi tidak sadarkan diri. Metode hipnotis klinis bahkan memang digunakan untuk pengobatan psikologis maupun fisik.

Ketika seseorang dihipnotis, maka orang tersebut sebenarnya masih dalam keadaan sadar. Namun, anda sedang berada dalam kondisi yang lebih rileks serta dapat berkonsentrasi.

Oleh karena itulah, orang yang sedang dihipnotis akan lebih mau mendengarkan nasihat dan masukan ketimbang kondisi sadar. Sehingga menghipnotis seorang perokok diharapkan dapat membuat perokok tersebut menjauhi rokok ketika selesai terapi hipnotis.

Jelajahi keadaan batin Anda

BACA JUGA:   Dikunjungi Gubkepri, Masyarakat Mengaku Terbantu Keberadaan Rumah Singgah

Hipnosis tidak dapat membuat Anda melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan. Hipnosis tidak dapat memberikan “kata kunci rahasia” yang menjadikan Anda tidak ingin merokok lagi. Namun, hipnosis dapat membantu Anda memusatkan perhatian, berkonsentrasi, dan mengubah kebiasaan.

Hipnosis sangat efektif bagi orang yang mudah menerima sugesti. Jika kepribadian Anda sangat anti dengan gagasan-gagasan baru atau perubahan, atau jika Anda sulit menghilangkan rasa tidak percaya, hipnosis mungkin kurang tepat untuk Anda.

Hipnosis sepenuhnya bergantung kepada keyakinan Anda sendiri bahwa cara atau pengobatan ini akan berhasil. Hipnosis hanya akan membantu Anda membuat perubahan yang benar-benar ingin Anda lakukan. Supaya hipnosis-diri ini bisa membantu Anda, Anda harus berkomitmen untuk berhenti merokok.

Cara Hipnotis untuk perokok
Dalam sesi terapi yang dijalani seorang perokok, umumnya mereka akan diberikan kalimat-kalimat yang membuat mereka dapat membayangkan dampak negatif merokok.

F. ilustrasi

Contohnya adalah hipnoterapis akan memberikan sugesti buruk mengenai asap rokok yang memiliki aroma seperti asap kendaraan berat yang beracun, serta merokok dapat menyebabkan mulut menghitam dan kering.

BACA JUGA:   Dianjurkan Banyak Minum, Kasus Mirip Flu Singapura Ditemukan di Batam

Salah satu teknik hipnotis populer yang sering digunakan adalah metode Spiegel dimana, berfokus pada tiga hal utama, yaitu:

Tubuh merupakan hal spesial dimana anda memerlukannya untuk tetap hidup
Oleh karena itu tubuh harus anda lindungi dan selalu hargai
Sementara merokok sesungguhnya hanya akan membuat kondisi tubuh memburuk karena mengandung banyak racun
Pasien yang telah mengikuti terapi hipnotis akan diajarkan oleh hipnoterapis, untuk melakukan self-hypnosis agar dapat melakukannya sendiri dimanapun ketika keinginan untuk merokok muncul. Pasien hanya perlu untuk mengulangi kalimat-kalimat afirmasi tersebut.

Keefektifan Hipnotis membantu perokok berhenti merokok
Meski hipnotis adalah metode yang aman dan cukup baik untuk mensugesti orang berhenti merokok, sayangnya tidak semua orang dapat dihipnotis.

Menurut penelitian, dari empat orang yang dihipnotis, satu orang tidak dapat dihipnotis. Kalaupun berhasil, maka intensitas hipnotis akan berbeda-beda antara orang satu dan lainnya.

Hasil penelitian yang menunjukkan keefektifan metode hipnotis untuk mengobati orang berhenti merokok berbeda-beda. Menurut ulasan sistematis yang diterbitkan di tahun 2010, tidak ditemukan bukti yang cukup untuk mendukung terapi hipnotis.

BACA JUGA:   Rumah Singgah Kepri di Jakarta Gratis, Masyarakat Rasakan Manfaat Pembangunan

Sementara ulasan sistematis lainnya yang dikeluarkan di tahun 2012 menunjukkan bahwa metode hipnotis memiliki sejumlah kemungkinan manfaat yang bekerja bagi pasien.

Sementara menurut American Cancer Society, menunjukkan, meskipun sejumlah penelitian terkontrol tidak menunjukkan efektivitas hipnotis, namun beberapa anekdot memperlihatkan beberapa orang mendapatkan manfaat dari hipnotis.

Oleh karena itu, tidak dianjurkan hanya menggunakan metode hipnotis untuk mendorong orang berhenti dari kebiasaan merokok. Diperlukan kombinasi berbagai teknik untuk membantu perokok menghilangkan kebiasaan merokok secara permanen.

Hal yang dilakukan sebelum menjalani sesi hipnoterapi
Pastikan anda mencari hipnoterapis yang terkualifikasi agar hasil yang didapatkan maksimal. Untuk bisa memperoleh hipnoterapis yang terkualifikasi, berikut adalah tips yang bisa Anda pilih:

Jangan mudah terbujuk hanya karena jaminan maupun klaim yang berlebihan. Karena tidak semua orang ampuh menggunakan metode hipnotis. Carilah hipnoterapis yang memiliki lisensi dan sudah terlatih. Selamat mencoba, raih sehatmu, tabung uang rokokmu untuk masa depan keluargamu. (asa)