Rudi Dukung Pengembangan Sektor Pariwisata Bangkitkan Pertumbuhan Ekonomi

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (F. dok humas bp batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendukung penuh pengembangan sektor pariwisata.

Orang nomor satu di BP Kota Batam tersebut, mengatakan, industri pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Dengan pembangunan infrastruktur yang berlangsung saat ini, Rudi optimistis jika kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) akan ikut meningkat ke depan.

“Saya sedang menyiapkan Batam kota baru untuk kita semua. Kesiapan infrastruktur yang ada, akan membuat Batam dilirik dunia internasional, khususnya turis asing yang ingin berwisata,” ujar Rudi di sela pertemuan dengan masyarakat, Selasa (18/7/2023).

BACA JUGA:   PT Austin Engineering Ekspansi Investasi Rp63,3 Miliar di Kawasan Kabil

Rudi juga mendukung pelaksanaan even berskala internasional di Kota Batam. Hal tersebut, lanjut dia, menjadi salah satu ajang promosi menarik minat turis mancanegara ke Kota Batam.

Untuk diketahui, kunjungan turis asing ke Kota Batam sepanjang Mei 2023 mencapai 77.348 kunjungan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat, jumlah kunjungan tersebut ikut memberikan dampak terhadap tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kepri sebesar 41,89 persen atau naik 5,09 persen dari bulan sebelumnya.

BACA JUGA:   Tokoh Masyarakat Ikabsu Terharu, Ikabsu Bisa Lebih Besar dan Bersatu di Kepri

Turis asal Singapura, tercatat masih mendominasi kunjungan ke Kota Batam dengan persentase mencapai 56,46 persen atau 43.662 kunjungan dari total jumlah wisatawan mancanegara selama Mei 2023.

“Letak Batam yang sangat strategis menjadi modal penting, untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Sumber ekonomi kita jelas. Mulai dari investasi di bidang industri elektronik, sektor pariwisata, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, kami butuh dukungan untuk menyiapkan perencanaan Kota Batam agar menjadi kota maju dan modern,” pungkasnya. (rud)