Pemkab Bintan Fasilitasi Kemudahan Investasi Bagi PMA dan PMDN

Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, S.Sos saat menghadiri acara di Jakarta. (Dok. Humas Bintan)

Bupati Bintan, Apri Sujadi menghadiri agenda Rapat Kerja Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia bersama Presiden Joko Widodo, Rabu pagi (28/03) di JIExpo, Jakarta. Pertemuan tersebut membahas upaya percepatan pelaksanaan berusaha daerah.

Dalam agenda tersebut, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Selain itu, menurut Presiden, pemerintah juga akan membentuk Satuan Tugas nasional yang bertanggungjawab langsung ke Presiden tentang implementasi Perpres Nomor 91 tersebut. Tidak hanya membentuk Satgas di tingkat pusat, Satgas ini juga akan dibentuk di setiap kementerian dan lembaga serta di daerah-daerah.

Menindak lanjuti hal tersebut, Bupati Bintan menyampaikan bahwa saat ini sistem pelayanan investasi memang dituntut untuk serba singkat, serba cepat, dan bila perlu serba online, dan keinginan Presiden tersebut sudah diterapkan oleh Pemkab Bintan.

“Terobosan-terobosan di bidang investasi sangat diperlukan guna mendukung percepatan sektor investasi sekaligus menumbuhkan sektor ekonomi di daerah. Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan telah membuat beberapa inovasi guna mempermudah pelayanan dan pengurusan izin usaha. Salah satunya melalui fasilitas perijinan berbasis online dan juga layanan mobil keliling,” ungkap Apri Sujadi usai acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan, Hasfarizal Handra yang juga turut serta dalam acara tersebut mengatakan bahwa beberapa kemudahan pelayanan perijinan usaha telah tersedia diaplikasi E-List atau bisa juga dengan meng-klik http://dpmptsptk.bintankab.go.id atau http://dpmptsptk.bintankab.go.id/adm-login.html.

“Aplikasi pelayanan perijinan usaha tersebut terkoneksi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan,” ujar Hasfarizal Handra berpromosi.

Pada tahun 2017 Pemkab Bintan mencatatkan nilai investasi yang cukup tinggi. Data dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan menunjukkan total nilai investasi di Kabupaten Bintan mencapai Rp. 14 triliun, dari jumlah tersebut terdapat 27 Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dengan nilai investasi mencapai USD 921 juta atau setara Rp. 12,3 triliun.

Sedangkan untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), terdapat 8 perusahaan dengan nilai investasi Rp. 1,7 triliun.

Pada tahun 2018, sampai dengan bulan Maret, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan mencatat 36 Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) telah mengajukan izin prinsip dengan nilai investasi USD 147 juta atau lebih dari Rp. 2 triliun.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *