Pemkab Bintan Dan Kemensos Siapkan Rp. 1,62 Miliyar Untuk KUBE dan UMKM Bintan

Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, S.Sos saat mengunjungi stand KUBE dan UMKM beberapa waktu lalu. (Dok. Humas Bintan)

Pemerintah Kabupaten Bintan akan menata para pelaku Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bintan. Menurut Bupati Bintan penataan tersebut dilakukan dalam rangka singkronisasi data KUBE dan UMKM yang diperlukan oleh Kementerian Sosial agar pelaku usaha merasakan penyebaran penerima manfaat dari pemerintah.

“Tahun 2018 ini kita meminta dinas terkait, baik Dinas Sosial maupun Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Bintan untuk menata kembali para pelaku KUBE dan UMKM, agar para pelaku usaha KUBE dan UMKM di Kabupaten Bintan terdata secara baik oleh Kementerian Sosial, hal ini dilakukan guna memperoleh bantuan manfaat yang lebih besar lagi. Kita akan dorong terus demi kemajuan usaha masyarakat”, jelas Bupati Bintan, Apri Sujadi, Kamis (29/03).

Sementara itu informasi secara secara detail disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan, Naharuddin, bahwa pada tahun 2018 ini pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Sosial akan mendistribusikan bantuan senilai Rp 1,62 miliyar kepada 78 KUBE. Anggaran tersebut bersumber dari dana dekonsentrasi Kemeterian Sosial dan anggaran APBD Pemkab Bintan.

“Sepanjang tahun 2018 ini, dari 78 KUBE penerima manfaat, 55 KUBE diantaranya akan menerima dana sebesar Rp. 20 juta per-kelompok (KUBE) melalui anggaran yang bersumber dari dukungan dana dekonsentrasi. Bantuan sebesar 20 juta rupiah tersebut digunakan sebagai penunjang pengembangan usaha masyarakat di daerah,” jelas Naharuddin mengakhiri.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *