Mau Memulai Fitnes? Ini Tipsnya

Saat ini, fitness sedang banyak digandrungi, selain efek yang baik untuk kesehatan Anda, ternyata fitness juga mampu menjaga penampilan dengan pembentukan tubuh yang lebih ideal.  Nah, Anda yang ingin memulai menekuni olahraga ini, mungkin tips berikut dapat membantu;

Sungguh-sungguh

Kadang rasa malas lebih banyak mempengaruhi. Untuk pergi ke pusat kebugaran saja, rasanya sudah kurang semangat, atau bahkan malu. Jika, ini masalah Anda, mungkin dapat disiasati dengan memilih jadwal latihan selepas pulang kantor misalnya. Jangan dulu mengambil jadwal yang padat untuk latihan, 2-3 kali seminggu asal rutin, sudah cukup ideal untuk menjaga kebugaran Anda.

Latihan ringan

Satu yang tidak boleh dilewatkan saat memulai aktifitas olahraga adalah, pemanasan. Lakukan pemanasan sekitar 10 menit dengan alat  elliptical atau berjalan pelan pada treadmill ±10-15 menit. Kemudian rangkai dengan gerakan peregangan seperti menyentuh ujung ibu jari kaki, meregang kaki, memutar pinggang dan meregangkan tangan ke semua arah, sekitar 10 menit. Dan bila akan memulai memakai alat, atur beban standar (tidak terlalu berat).

Hilangkan ketegangan

Anda mungkin bosan dengan latihan yang terlalu ketat juga berat, tidak ada salahnya Anda melakukan latihan sambil mendengarkan musik, sedikit ngobrol dengan teman atau bahkan melihat televisi yang mungkin dipasang di ruang kebugaran. Setelah jadwal fitness, baik pula untuk mengistirahatkan tubuh beberapa menit di kolam renang, kamar uap atau sauna untuk mengembalikan kesegaran.

Membuat resume

Setelah melakukan latihan, baiknya Anda catat latihan apa yang dilakukan pada sesi hari itu. Catatan ini sebagai monitoring untuk mengetahui sejauh mana perkembangan latihan yang Anda jalankan. Bila dirasa siap, Anda dapat merencanakan untuk meningkatkan beban latihan pada sesi selanjutnya.

Konsumsi Sehat

Dan yang perlu diingat, dari rangkaian latihan Anda adalah konsumsilah makanan sehat. Karena bila tubuh Anda cukup diolah dari luar, tidak akan ada gunanya bila dari dalam tubuh tidak dijaga, artinya Anda tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi bagi tubuh Anda. Juga  hindari konsumsi suplemen tinggi protein dan tetap minum vitamin secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *