Kurir Shabu Bayaran 10 Juta Tertangkap di Karimun

Seorang penumpang kapal MV. Putra Maju 08 berinisial AD tertangkap petugas Bea dan Cukai di Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (30/1) lalu. AD ketahuan petugas sedang membawa narkoba jenis sabu yang dimasukkan lewat anusnya.

AD pria yang berkewarganegaraan Indonesia ini ditangkap ketika transit di Karimun setelah menumpang kapal dari Pelabuhan Putri Harbour di Johor Malaysia tujuan Tanjung Balai Karimun. Sedangkan tujuan akhir perjalanannya adalah ke Sumbawa. Ia dijanjikan oleh seseorang akan mendapatkan upah sebesar sepuluh juta rupiah jika telah sampai di tujuan.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun, S. Bastian dalam keterangan pers, Rabu (31/1). Ia mengatakan bahwa AD ditahan setelah petugas mencurigai gerak-geriknya yang terlihat gugup dan tegang saat hendak melewati alat pemindai atau x-ray.

ADMZ disangkakan melanggar pasal 102 huruf e Undang-undang No 17 tahun 2006 tentang Perubahan atas UU No 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan, yaitu menyembunyikan barang impor berupa sabu yang merupakan tindakan melawan hukum atau penyelundupan. Tersangka akan dikenai pasal 113 ayat (1) Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *