Januari: Ada 12 Penderita DBD Di Tanjungpinang

Pada bulan Januarai 2018 ini tercatat 12 warga terkena Demam Berdarah Dangue (DBD). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kota Tanjungpinang, Rustam.

Menurut Kepala DKPPKB Kota Tanjungpinang, 12 penduduk terkena DBD tersebar pada 8 Kelurahan, yaitu Tanjung Ayun Sakti 3 kasus, Tanjungpinang Timur 3 kasus, dan Kampung Bulang, Batu Sembilan, Melayu Kota Piring, Pinang Kencana, Bukit Cermin serta Tanjungpinang Barat masing masing 1 kasus.

Untuk melakukan pencegahan, menurut Rustam DKPPKB terus berupaya melakukan sosialisasi dan pemantauan di masyarakat agar terus melakukan pemberantasan jentik dan sarang nyamuk di pemukiman penduduk.

Ia mengatakan salah satu faktor  yang menyebabkan mudahnya berkembangnya DBD dikarenakan curah hujan tinggi pada bulan Desember 2017 hinga Januari 2018.

“Bulan Januari sesuai pola bulanan memang curah hujan relatif tinggi dibanding bulan-bulan lainnya”, ujarnya.

Masyarakat diminta agar selalu waspada dengan munculnya penderita DBD ini, mengingat DBD adalah penyakit yang mudah menular. Penularan DBD terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina yang membawa virus Dengue dari penderita (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *