Ini 5 Bisnis Yang Hits Untuk Anak Muda

Sudah bukan rahasia lagi, banyak orang yang awalnya iseng-iseng berbisnis kini malah jadi jutawan. Membuka bisnis sampingan kayaknya emang jadi salah satu cara yang efektif untuk menambah penghasilan.

Syukur-syukur bisnis yang awalnya cuma sampingan tersebut malah bisa jadi sumber penghasilan utama. Kalau kamu berencana membuka bisnis sampingan, coba simak nih 5 usaha sampingan anak muda yang lagi hype banget.

1. Fashion

Era kejayaan outlet fashion anak muda yang biasa dikenal sebagai distro memang sudah agak lewat. Tapi bukan berarti anak muda gak memerhatikan gaya penampilan lagi.

Fashion anak muda memang gak pernah basi. Itu berarti peluang bisnis di sektor ini masih bisa digarap.

Gak percaya? Googling saja, banyak kisah inspiratif, ada anak muda memulai bisnis dengan modal 50 ribu rupiah saja. Bisnis yang awalnya cuma bermodal ‘nekat’ tersebut kini bisa mengantongi omset Rp 50 juta per bulan. Wuih! Kuncinya cuma satu: rajin memantau tren dan gunakan imajinasi kreatifmu.

Modal yang dibutuhkan: Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk kaos

2. Gelato

Akhir-akhir ini banyak kota besar yang dibanjiri gerai yang menawarkan kopi dan gelato. Sekilas gelato memang mirip es krim. Yang bikin beda, kandungan lemak gelato lebih rendah dibandingkan es krim.

Gelato ini biasanya buatan rumah. Makanya, setiap penjual pasti memiliki rasa dan gaya yang khas dalam setiap produk gelato yang ditawarkan. Beda satu sama lain deh!

Modal yang dibutuhkan: Rp 500 ribu – Rp 1 juta

3. Kopi

Dari data Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia, konsumsi kopi orang Indonesia tumbuh 36% dalam rentang 2010 – 2014. Bahasa simpelnya, selama 2014 orang Indonesia mengonsumsi 260 ribu ton kopi! Wow!

Hasilnya, peluang di bisnis perkopian ini masih terbuka lebar loh. Peluang di sini bisa bermakna luas. Bisa membuka kafe, jadi reseller kopi, atau malah menjadi rumah produsen kopi gilingan/bubuk.

Bicara soal jadi reseller kopi, kamu tahu kan ada 7 jenis kopi yang paling terkenal di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Nah, gak ada salahnya tuh ketika kamu berlibur ke salah satu kota tersebut, kamu beli beberapa dan pasarkan di kampung halaman.

Modal yang dibutuhkan: Rp 200 ribu – Rp 500 ribu

4. Furnitur

Dari data Kompas.com, tren properti 2016 nunjukin pertumbuhan yang signifikan antara 5% – 6%. Kesimpulannya properti masih diburu oleh masyarakat luas.

Lantas gak mungkin dong orang cuma beli rumah yang kosong. Perlahan mereka bakal mengisinya dengan bermacam furnitur.

So, kenapa gak mencoba menggarap bisnis ini? Gak perlu bikin furnitur yang gede-gede dulu kok. Bikin aja pernak-pernik kayu lucu kayak tempat tissue, lampu baca, tempat alat mandi, dan sebagainya.

Kamu bisa mencari inspirasi dari situs luar negeri atau lokal untuk kemudian mencari tukang membuat perkakas. Jangan lupa bikin sendiri merekmu.

Modal yang dibutuhkan: Rp 500 ribu – Rp 1 juta

5. Camilan Unik

Siapa sih yang gak hobi ngemil? Kalau ada yang gak suka ngemil kemungkinan sih orang itu lagi diet ketat hehe. Ngemil emang jadi kegiatan yang oke sembari ngopi atau nonton film.

Karena di luar sana sudah tersedia beragam cemilan (sampai bingung pilih yang mana), coba deh bikin camilan kreasimu sendiri misalnya pasta tempe, tahu isi rendang, atau keripik rumput laut.

Banyak kok ide-ide yang bisa kamu kreasikan. Boleh murah asal gak murahan.

Modal yang dibutuhkan: Rp 100 ribu – Rp 500 ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *