Telkom Bangun Jaringan Internet Hingga Pulau Terdepan

Executive Vice President PT. Telkom Reg 1 Sumatera, Susatyo. (foto: indotelko.com)

PT. Telkom berkomitmen membangun jaringan internet hingga ke pulau-pulau terdepan. Hal ini disampaikan Executive Vice President (EVP) Telkom Regional satu Sumatera, Susatyo, di Batam, Selasa (10/04).

Menurut Susatyo PT. Telkom adalah BUMN yang tidak hanya bertugas mencari deviden untuk Negara dan pemegang saham, namun juga mempunyai tugas untuk membangun bangsa serta melayani masyarakat hingga ke pulau-pulau.

“Di Pulau Sabang kita sudah membangun sistem kabel laut dan masyarakat pulau Sabang sudah bebas mau bandwidth berapa pun bisa,” kata Susatyo.

Saat ini pihaknya sedang melakukan proses penarikan kabel laut ke Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, sambung Susatyo.

Untuk di Provinsi Kepri, PT. Telkom memfokuskan pembangunan jaringan di Kabupaten Natuna. Menurut Susatyo, sekarang di Natuna sudah bisa berinternet di sebagian wilayah walaupun jaringannya masih menggunakan jaringan radio, dan layanan internet ini akan optimal jika di area tersebut telah dipasang palapa ring barat. Setelah palapa ring barat beroperasi internet akan menyebar ke kawasan lainnya di sekitar Kabupaten Natuna.

Palapa ring barat ini akan menyelamatkan wilayah Natuna, Anambas dan Lingga, karena palapa ring barat ini menghubungkan pulau-pulau,” pungkasnya seperti dirilis Antara. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *