TDB 2018, Asman Sebut Bali Sebentar Lagi Akan Kalah Dengan Bintan

Tour de Bintan 2018: Suasana pelepasan 1200 peserta Tour de Bintan di Alun-alun Simpang Lagoi, Sabtu (24/3).

Tour de Bintan 2018 secara resmi dibuka oleh Menteri PAN dan RB, Asman Abnur, Sabtu pagi (24/3) di Alun-alun Simpang Lagoi, Bintan. Acara yang diikuti oleh 1200 peserta dari 40 negara ini merupakan salah satu event pariwisata unggulan Kabupaten Bintan. Jumlah peserta TDB tahun ini dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan event serupa pada tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan bahwa pada tahun 2018, TDB secara internasional diakui dan masuk dalam kategori Grand Fondo World Championship. Di Asia event ini hanya ada di Dubai dan Bintan.

Dalam sambutannya, Asman Abnur menyampaikan kekagumannya melihat perkembangan event wisata di Bintan. Dirinya berharap, ke depan Bintan akan semakin di kenal dunia dan menjadi incaran turis mancanegara.

“Event ini cuma dua di Asia, satu di Dubai dan satu lagi di sini, Bintan. Bangga kita, sedemikian banyak balap sepeda di Indonesia tetapi cuma Bintan yang masuk dalam kalender internasional dan satu-satunya di Indonesia. Saya rasa Bali sebentar lagi kalah sama Bintan” ucapnya sembari disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bintan, Apri Sujadi yang didampingi Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengungkapkan kebanggaannya. Dirinya menyebutkan bahwa dukungan baik dari instansi Pemerintahan sampai kepada masyarakat telah membuat Tour de Bintan menjadi semakin mendunia.

“Dari tahun ke tahun pencapaian event semakin meningkat. Sebagai satu-satunya ajang balap sepeda yang masuk dalam Calender of International Event, Tour de Bintan pada tahun ini mampu memikat puluhan negara untuk dapat kemari. Hal ini tentu baik bagi pariwisata kita sekaligus perekonomian daerah kita. Sekalipun perekonomian Kepri sedang menurun, tetapi Bintan malah naik. Ini semua berkat keseriusan kita bersama” terang Bupati Bintan ini saat memberikan sambutan usai melepas para pembalap.

Apri menambahkan bahwa sebagai penyumbang PAD terbesar, pemerintah daerah ingin pariwisata di Bintan bisa menjadi lokomotif kemajuan daerah sekaligus mensejahterakan rakyat.

“Kita tidak ingin hanya menjual keindahan alam. Kita ingin event-event seperti ini semakin berkembang untuk menarik wisatawan. Bahkan progres ke depan kami ingin berupaya agar event-event lokal pun bisa menjadi destinasi wisata yang menarik” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luky Zaiman Prawira saat ditemui menerangkan bahwa tahun ini memang terjadi peningkatan volume peserta sebanyak 50 persen. Dirinya menjelaskan kembali bahwa setelah tour de bintan diakui dan masuk dalam Grand Fondo Wordchampionship, event ini semakin menarik perhatian pebalap sepeda dunia.

“Pesertanya meningkat, yang datang semakin banyak. Target kita tentu semakin besar ke depan. Harapan yang paling besar kita ingin agar peserta yang berhasil lolos dari tour de bintan ini bisa mengukir prestasi di ajang balap sepeda dunia nantinya. Dan tentu, kita ingin pebalap tanah air kita juga mengambil bagian di dalamnya sebagai kebanggan terbesar bagi tanah air” harap Luky.

Pada acara pembukaan TDB 218 tersebut selain dihadiri Oleh Menteri PAN-RB Dr. Asman Abnur, M.Si, juga dihadiri oleh pejabat OPD Kabupaten Bintan serta undangan VIP, diantaranya Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Kajati Kepri Dr. Asri Agung Putra, SH, MH, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang serta undangan lainya.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *