Bawaslu Temukan Pelanggaran Kampanye Pilkada Tanjungpinang

Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) dari institusi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang. Pasalnya kedua ASN tersebut berfoto bersama pasangan calon Walikota Tanjungpinang nomor urut 2, Lis Darmansyah.

Maryamah, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang membenarkan hal tersebut. Ia telah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Kepri tentang data kedua ASN ini, namun ia mengaku belum puas dengan tanggapan dari BKD terkait hal tersebut, seperti diberitakan Antara Kepri (01/03).

Secara hukum tindakan kedua ASN dan calon walikota yang berfoto bersama tidak menyalahi.

“Hanya pelanggaran norma, kami minta Pemprov Kepri menegur kedua ASN tersebut”, harap Maryamah.

Bawaslu Kota Tanjungpinang juga menerima laporan dari warga tentang aktifitas seorang istri anggota Polri yang melakukan kegiatan politik di kediamannya. Istri anggota Polri tersebut juga anggota majelis taklim. Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Kepri yang juga istri pasangan calon walikota nomor urut dua.

“Informasi ini sulit ditindak lanjuti karena tidak ada yang berani bersaksi”, ucap Maryamah.

Beberapa waktu yang lalu, Bawaslu juga menemukan pelanggaran dari pasangan calon nomor urut satu. Bawaslu menemukan beberapa spanduk bertuliskan “Walikota Baru”, namun saat ini sudah diturunkan. (**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *