16 Partai Politik Lolos Verifikasi Tingkat Provinsi Kepri

Hari Kamis ini (01/02) menjadi hari terakhir pelaksanan verifikasi faktual partai politik. Di tingkat Provinsi Kepulauan Riau ada 12 partai politik lama dan 4 partai politik baru yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019, yaitu Partai NasDem, PPP, PKS, PDI Perjuangan, Partai Hanura, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat, PKP Indonesia, PBB, Partai Perindo, PSI, Partai Garuda dan Partai Berkarya.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kepri, Said Sirajudin bahwa berdasarkan verifikasi yang dilaksanakan beberapa hari belakangan dapat diketahui  seluruh partai politik yang terdaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum 2019 telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Undang-Undang.

“Untuk Kepri, lulus semua. Semua memenuhi syarat, itu untuk Kepri ya, kabupaten dan kota belum,” kata Ketua KPU Kepri Said Sirajudin di Batam. Lebih jauh Ia menjelaskan bahwa verifikasi faktual yang KPUD Provinsi Kepri lakukan hanya pada kepengurusan tingkat provinsi.

“Untuk tingkat kabupaten kota masih menunggu laporan,” kata dia.

Verifikasi parpol ini meliputi, kepengurusan parpol, yakni keberadaan ketua, sekretaris, bendahara, kepengurusan lainnya, status kantor atau sekretariat dan keterwakilan 30 persen perempuan di kepengurusan partai tingkat provinsi (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *