Berikan Insentif RT/ RW, Guru PAUD, dan Posyandu Balita di Belakangpadang, Ansar: Peran Mereka Sangat Penting

Kedatangan Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad disambut antusias penerima insentif dan dana hibah di SMAN 2 Belakangpadang, Kota Batam, Jumat (7/7/2023). (F. dok humas pemprov kepri)

BATAM (Keri.co.id) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H Ansar Ahmad mengakui peran RT/RW sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat, terutama dalam perencanaan pembangunan di wilayah masing-masing.

“Karenanya, perlu kami beri apresiasi atas peran dari Bapak dan Ibu semua,” kata Gubernur Ansar saat menyerahkan bantuan bagi RT/RW, Posyandu balita, Guru PAUD, dan juga rumah ibadah di SMAN 2 Belakangpadang Kota Batam, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga: Ribuan Warga Saksikan Ansar Serahkan Insentif Guru PAUD, RT/ RW, dan Dana Hibah di Kecamatan Sekupang, Sagulung, Batuaji, dan Seibeduk

Bantuan yang diberikan mendapatkan apresiasi dan ucapan terima kasih dari perangkat RT/RW, terutama karena mereka juga berasal dari berbagai pulau di Kecamatan Belakangpadang.

BACA JUGA:   Mengenal BigguyTravels Lebih Dekat Dalam Membangkitkan Perekonomian UMKM Kecil

Menurut Ansar, bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri kali ini, merupakan bentuk pembinaan terhadap RT/RW dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus penguatan kelembagaan RT/RW itu sendiri.

Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad menyerahkan secara simbolis insentif kepada guru PAUD di SMAN 2 Belakangpadang, Kota Batam, Jumat (7/7/2023). (F. dok humas pemprov kepri)

“Meskipun kita tahu, tanpa bantuan ini, Bapak dan Ibu semua telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” jelas Ansar.

Menurut Ansar, sebagai lembaga kemasyarakatan, RT/RW perlu terus dilakukan pembinaan. Salah satunya peran yang dilakukan Pemprov Kepri, termasuk melalui pemberian bantuan operasional seperti insentif dan dana hibah.

BACA JUGA:   Maling Apes, Tewas Ditusuk Pemilik Swalayan

Selain peran RT/RW, peran guru PAUD, petugas Posyandu balita, dan pengelola rumah ibadah juga perlu apresiasi, mengingat tugas mereka tidak ringan, karena bersentuhan langsung dengan berbagai lapisan masyarakat.

Di hadapan perangkat masyarakat Kecamatan Belakangpadang dan juga pulau-pulau sekitarnya, Ansar menyampaikan berbagai program pembangunan yang sudah dan akan terus dilakukan Pemprov Kepri.

“Salah satunya pembangunan rumah singgah yang telah beroperasi di Jakarta. Warga masyarakat Kepri yang sedang berobat di Jakarta, dapat memanfaatkan tempat ini sebagai tempat tinggal sementara, daripada harus menyewa,” ujarnya.

Sejumlah guru PAUD memanfaatkan foto selfie dengan Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad di sela-sela penyerahan insentif dan dana hibah di SMAN 2 Belakangpadang, Kota Batam, Jumat (7/7/2023). (F. dok humas pemprov kepri)

Rumah Singgah di Sekupang

BACA JUGA:   BP Rekrut 45 Pemuda Tempatan Bertugas di Rempang

Nantinya, awal Agustus bulan depan, diresmikan rumah singgah di Batam, tepatnya di Sekupang. Saat ini, sedang disiapkan segala sesuatunya, agar saat peresmian nanti, sudah siap melayani masyarakat.

Ansar yakin, pertemuan dan silaturahmi kali ini akan memberikan banyak manfaat. Selain menjadi lebih kenal, pemerintah bisa mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat.

Pemberian insentif kali ini tidak hanya untuk Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam. Bantuan serupa sudah diberikan kepada RT/RW, Posyandu balita, Guru PAUD, dan rumah ibadah di seluruh Kota Batam.

Hanya saja, data penerima masih disesuaikan, untuk menentukan jumlah pastinya. (hen)