Reses Spesial Cen Sui Lan Mengabdi untuk Kepri, Berbakti pada Kampung Suami

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar memberikan kata sambutan pembagian daging di kampung halaman suaminya, Raja Mustakim di Desa Simandolak, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Kamis (5/5/2022). (F. dok csl)

PEKANBARU (Kepri co.id) – Pengabdian Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar untuk pembangunan fisik sarana dan prasarana Kepri lewat dana aspirasi maupun intervensi sesuai kewenangannya, tak diragukan lagi.

Namun, Cen Sui Lan juga tipikal berbagi dan berbakti untuk kampung halaman suaminya, Raja Mustakim di Desa Simandolak, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Seperti reses spesial pada momen libur lebaran Idul Fitri 1443 H ini, Cen Sui Lan manfaatkan mudik ke kampung halaman suaminya di Simandolak.

Cen Sui Lan didampingi suami, Raja Mustakim membagikan daging kerbau kepada masyarakat Desa Simandolak. (F. dok csl)

Mudik ini dilakukan Cen Sui Lan berkualitas dengan kerja, kerja, kerja untuk rakyat. Di Kenegerian Simandolak, Cen Sui Lan menggelontorkan dana aspirasinya tahun anggaran 2023 sebesar Rp1,6 miliar.

Baca Juga: Cen Sui Lan Berbagi Berkah di Masjid Cheng Ho Bengkong

Dana aspirasi Cen Sui Lan tersebut, berupa lima paket Program P3TGAI (Program Percepatan Penggunaan Tata Guna Air Irigasi – Irigasi Tersier) dan 30 unit bedah rumah atau BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

“Satu paket Program P3TGAI bernilai Rp200 juta, jadi kalau lima paket menjadi Rp1 miliar. Sebanyak 30 Unit bedah rumah, satu unit dengan nilai Rp20 juta, berarti Rp600 juta,” ujar Cen Sui Lan kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Cen Sui Lan Intervensi Rp114 Miliar, Tuntaskan Banjir di Ibukota Provinsi Kepri

Kebijakan dan keputusan anggaran itu diambil Cen Sui Lan, setelah ia menerima aspirasi dari lima Kepala Desa (Kades) Se-Kenegerian Simandolak.

BACA JUGA:   Menparekraf Kalungkan Bunga Wisman Pertama 2024 Masuk Kepri
Cen Sui Lan dan suami, Raja Mustakim menyaksikan pengumpulan daging yang dipotong, kemudian dibagikan ke masyarakat Desa Simandolak. (F. dok csl)

Kelima Kades tersebut yakni Andrisman, Kades Tebing Tinggi Simandolak; SiOp, Kades Pulau Lancang Simandolak; Dede Kurniawan, Kades Pulau Ingu Simandolak; Kades Tanjung Baru Simandolak diwakili serta Kades Koto Simandolak diwakili).

Tokoh tokoh masyarakat KeNegerian Simandolak juga turut memohon yaitu Suryasman, Kepala MTs Simandolak, yang juga bertindak sebagai koordinator kegiatan bakti sosial (baksos) Cen Sui Lan di Simandolak.

Baca Juga: Cen Sui Lan Bawa Duit Rp6 Miliar ke Karimun

Baksos Cen Sui Lan berupa memotong tiga kerbau yang dagingnya dibagikan kepada masyarakat. Kemudian, bantuan untuk lomba semarak Lebaran 1443 H di Simandolak.

Turut hadir dalam baksos Cen Sui Lan ini: Yurnalis, Kepala SMAN Benai; Arman Yulis, Kepala SMKN Kuansing; Adnan M Djudin, Sesepuh Simandolak, tokoh masyarakat Simandolak yang berada di Pekanbaru, khusus hadir untuk kegiatan tersebut.

Baca Juga: Cen Sui Lan Mudik dan Bakti Sosial di Kampung Suami

Aspirasi dan dialog terjadi secara natural, ketika di sela-sela kegiatan pelaksanaan mamantai kobau (potong kerbau, red) Cen Sui Lan mendatangi tenda yang sudah dipersiapkan.

Di acara itu, tetjadi dialog antara Cen Sui Lan dan para Kades Se-Kenegerian Simandolak. Antara lain Andrisman, Kades Tebingtinggi Simandolak, sangat aktif memberikan masukan dan meminta kepada Cen Sui Lan untuk program program pembangunan Desa Simandolak.

Baca Juga: Cepat Merapat, Cen Sui Lan Sediakan 1.200 Beasiswa Se-Kepri

BACA JUGA:   Kapolda Kepri Beserta Pejabat Utama, Nobar Film Ispiratif "Aku Rindu"

Cen Sui Lan menyampaika ke para Kades, jangan hanya menuntut pembangunan tetapi agar selalu bersatu dan kompak membangun desa dan Kenegerian Simandolak.

“Lima paket Program P3TGAI dan 30 unit bedah rumah, bisa saya putuskan sekarang untuk dialokasikan pada tahun anggaran 2023. Karena itu memang kewenangan saya,” ujar Cen Sui Lan kepada para Kades itu.

Baca Juga: Ingin Tuntas Serius, Cen Sui Lan Gelontorkan Rp10,5 Miliar Pengentasan Miskin Ekstrem di Lingga

“Sedangkan revitalisasi irigasi primer Simandolak, saya perlu data-data berupa kondisi terakhir berupa foto atau videonya,” ujar Cen Sui Lan.

Ia juga menanggapi aspirasi masyarakat soal pembangunan turap di tepi Sungai Kuantan di Lokasi Masjid Jamik Simandolak di Koto.

“Perlu data kondisi lapangannya seperti apa? Jangan sampai, Masjid Jamik Simandolak yang berada di tepi Sungai Kuantan itu, runtuh dan roboh. Kasih data-datanya dalam bentuk pdf saja,” ujar Cen Sui Lan memberikan prtunjuk.

Diungkapkan Cen Sui Lan, untuk revitalisasi irigasi primer Simandolak dan pembangunan turap Masjid Jamik Simandolak, sebelum libur lebaran Idul Fitri 1453 H, telah ia bicarakan dengan Jarot Widyoko selaku Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Kaget di Lingga Ada Miskin Ekstrem, Cen Sui Lan Gerak Cepat Atasi Pakai Dana Aspirasi

Pertama, saat rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dan Dirjen SDA Kementerian PUPR. Setelah reses lebaran ini, masuk ke masa persidangan DPR RI untuk dibahas tentang aspirasi masyarakat yang ditampung.

BACA JUGA:   Pencoblosan Selesai, Rudi Ajak Masyarakat Kembali Bersatu

Cen Sui Lan yang juga mendapat penugasan Fraksi sebagai Anggota Panja RUU LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan) yang segera masuk pembahasan di DPP RI, mengakhiri penjelasannya tentang aspirasi yang ia terima dari masyarakat ketika di sela-sela mudik Lebaran ke Simandolak, Kabupaten Kuansing, Riau.

Ia mudik bersama suaminya, Raja Mustakim serta dua anaknya, Raja Putri Sholehah RKPM (19) dan Raja Putri Umrahanny RKPM (9).

Sementara itu, Kepala Desa Simandoalak, Pikri, mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan dan Raja Mustakim, serta Prof Aras Mulyadi atas mudik yang membawa berkah bagi Kenegerian Simandolak.

“Atas nama pemerintah Desa Simandolak, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Raja Mustakim dan Ibu Cen Sui Lan atas sumbangannya yang tak terhitung lagi jumlahnya. Semoga menjadi ladang amal di sisi Allah SWT, aamiin,” ujar Pikri mewakili lima Kades se-Kenegerian Simandolak.

Pikri juga mengucapkan terima kasih kepada Prof Aras Mulyadi yang telah membantu hadiah untuk para juara peserta MTQ tingkat Desa Simandolak.

“Semoga dicatat sebagai pahala oleh Allah SWT, aamiin,” tutup Kades Simandolak. (asa)